Rute Kapal Pelni Terbaru 2021

Rute Kapal Pelni Terbaru 2021 – PT. Pelayaran Nasional Indonesia / PELNI (Persero) adalah perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang, dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 26 kapal laut pelni penumpang, 46 kapal perintis, 6 kapal barang tol laut dan 1 kapal ternak.

Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) adalah maskapai pelayaran nasional Indonesia. Pelni mengoperasikan sejumlah 28 unit kapal penumpang dengan kapasitas seluruhnya 36.913 penumpang dan 4 unit kapal barang.

Kapal-kapal Pelni memiliki rute tetap yang menyinggahi 91 pelabuhan di Indonesia.[2] Tiga unit kapal penumpang (KM Kerinci, KM Wilis, dan KFC Jet Liner) berfungsi sebagai sebagai kapal carter atau kapal cadangan bila ada kapal yang sedang didok. Kapal penumpang yang dimiliki terdiri dari 6 jenis: kapasitas 3.000 penumpang, 2.000 penumpang, 1.000 penumpang, 500 penumpang, kapal Ro-Ro, dan 1 kapal feri

Pelni berawal dari Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-Kapal (PEPUSKA) yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum tertanggal 5 September 1950. Yayasan PEPUSKA didirikan setelah Pemerintah Belanda menolak permintaan Pemerintah Indonesia untuk mengubah status NV Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) menjadi perseroan terbatas. Sebagai maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di perairan Indonesia, NV KPM juga menolak untuk memakai bendera Indonesia.

Dengan modal awal 8 unit kapal, PEPUSKA harus bersaing dengan KPM yang armadanya lebih banyak dan memiliki kontrak-kontrak yang bersifat monopoli. Setelah PEPUSKA dibubarkan pada 28 April 1952, PT Pelni didirikan berdasarkan SK Menteri Perhubungan tanggal 28 Februari 1952 dan 19 April 1952. Presiden direktur Pelni yang pertama bernama Ma’moen Soemadipraja. Pada waktu itu, modal awal Pelni adalah 8 unit kapal yang diwariskan oleh Yayasan PEPUSKA. Kekurangan armada diatasi dengan memesan 45 unit kapal penumpang dari Eropa Barat dengan dana dari Bank Ekspor Impor Indonesia. Hingga kapal-kapal yang dipesan tiba, Pelni mencarter kapal-kapal asing untuk mengisi trayek yang ditinggalkan KPM. Selain itu, Pelni juga menambah jumlah armada dengan kapal-kapal hasil pampasan perang dari Jepang.

Pada tahun 1961, Pelni diubah statusnya dari perseroan menjadi perusahaan negara. Status Pelni kembali diubah dari perusahaan negara menjadi perseroan terbatas pada tahun 1975.

Dua kapal Pelni, KM Rinjani dan KM Kambuna dihibahkan kepada TNI-AL. Penyerahannya dilakukan pada 13 Mei 2005 di Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok. KM Kambuna diganti namanya menjadi KRI Tanjung Nusanive (KRI 973), dan KM Rinjani menjadi KRI Tanjung Fatagar (KRI 974).

Daftar rute pelabuhan kapal Pelni Indonesia:

AMAHAI
AMBON
AMPENAN (LEMBAR)
AMURANG
AWERANGE
BABANG (BACAN)
BADAS
BALIKPAPAN
BANDA NAIRA
BANGGAI
BATU AMPAR (BATAM)
BATULICIN
BAU-BAU
BELAWAN (MEDAN)
BELINYU
BENOA (DENPASAR)
BIAK
BITUNG
BONTANG
BULA
BULI
BUOL
DOBO
ENDE
FAK-FAK
GEBE
GESER
GORONTALO
GUNUNG SITOLI (NIAS)
JAYAPURA
KAHIKITANG
KAIMANA
KALABAHI
KAPISAWAR
KARATUNG
KARIMUN JAWA
KENDARI
KIJANG (BINTAN)
KISAR
KOLAKA
KOLONEDALE
KUMAI (KOTAWARINGIN BARAT)
LABUAN BAJO
LARANTUKA (FLORES TIMUR)
LARAT
LETUNG
LEWOLEBA
LIRUNG
LUWUK
MAKASSAR
MANOKWARI
MARAPOKOT
MARORE
MAUMERE (SIKKA)
MERAUKE
MIANGAS
MIDAI
MOA
MOROTAI
NABIRE
NAMLEA (BURU)
NAMROLE
NATUNA
NUNUKAN
PANTOLOAN (DONGGALA)
PARE-PARE
PIANEMO
PONTIANAK
POSO
PULAU EDAM
PULAU HOGA
PULAU KOMODO
PULAU RINCA
PULAU TOGIAN
PULAU TOMIA
RAHA
REO
ROTE
SABU
SAMPIT
SANANA
SAPE (BIMA)
SAUMLAKI
SERASAN
SERUI
SIBOLGA
SORONG
SUNDA KELAPA
TAHUNA
TAMBELAN
TANJUNG BALAI KARIMUN
TANJUNG EMAS (SEMARANG)
TANJUNG PANDAN (BELITUNG)
TANJUNG PERAK (SURABAYA)
TANJUNG PRIOK (JAKARTA)
TARAKAN
TAREMPA
TELUK BAYUR (PADANG)
TENAU (KUPANG)
TEPA
TERNATE
TIDORE
TIDUNG
TIMIKA
TOBELO
TOLI-TOLI
TUAL
WAINGAPU (SUMBA TIMUR)
WANCI
WASIOR
YENBUBA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *